Minggu, 07 April 2013

contoh soal uka

PENGEMBANGPAR}'OI FESGIU RU( P PC)
1, Bagairnanac arag uru dalamr ng!4lildbgug$g-bgsyukurtr rhadapp rofeslyangd iembannya'?
Jawab:
a. Menerimas ecarap ositif berprofessi ebagapi endidik
b. Tidak doiim terhadapp rofesip endidiky ang,Ciembannya
c. Menjagad anm engembangkapnr otbsip endidikd engans ungguh-sungguh
2. Bagaimanag uru melakukana litua{sssib ersyukutre rhadap rofesiy angd iembannya?'
Jawab :
a. Manusiaw a.iib: manusiay angk eberadaank,e bermaLrraadna nk emanfaatannysae rta
menenrukan
b. Manusias rurah: rnanusiey angk ehadirand ank eberaduannydaa patm emberikan
kebennaknaadna nk ebormanfaatajnik,a tidak adat idak mengganggu
c. Manusiam ubah: manusiay anga dad ant idak adak eberadaannyiaa, t idak memberikan
manfaatp enganrha pa-spate tapilugat idak memberikanm udhuat
d. Manusiam akruh: manusiay angk eberadaadna nk ehadirannytaid ak memberikan
kebermaknaakne manfurtant,e tapjii ka tidak adad ant idakh adirj uga tidak memberikan
kenyamananke baukan
e. lvlanusiaF .Iaram: m anusiay alg kebemdaank,r hadirannyak, ebermaknaand,a n
kebermanfaatasna ngati dak dihanrpkanb at*an ditolak
3, Jelaskante ntangk eiufurgn-S3bgl ianh.rnqnEa mstgb?
Jawab :
Kejujuranm erupall'.rpni lar ulamad alarnm enbar.guna manaht,i dak menglchianaatim anaha da
bennrkk cmitmend alama mnnahy angt erkaitd enganjr rjur
4, Jalaskanb againranuap a),aE.u rud alaLmeneentbaanm anahl
JawaS:
a, Komitnren; ucapant,i ndakary: angm engikats eseoranugn trrkm elakukans esuatu
b. Komper.en; b crkompetend aup rofessionadl alamm engembaanm anah
c. Ke{a keras; bekerjas r:ngguh-sunggushe srradi engank omitnen dank ompetensyi ang
dimilikinya
d. Konsisten; dalanrm engembatru: gasnyah anrsm emiliki sifat Istiqomat(ra jeg),f ocusd an
tuntas,s emangatdaunl et
5. Jelaskanfa qjgr&krlAl.agelggr daoatd iiadiksnt elalh4!
Jawab r ,
a, Kesiapanu ntukAinilaid and ievaluasai.r tinyak esiapang urum enjadic erminb agid irinya dan
juga crang lain
b. Memilikj kompetensmi inimaly aitu ucapans, ikapd anp erilakuy angl ayak trntukd iteladani
c. Memiliki Integritasy aitu kesamaana ntarau capand ant indakana taus atunyak ata dan
perbuatan
6, Jelaskanfl gpj-@Aidik sebagaci ermin!
Jawab :
a. Tempat yang tepat untt* Instropelai ; hanrs siap menjadi tempat mawas diri, koreksi diri, dan
untuk menjadi curahan
b. Menerimad anm enarnpakkaanp aa danya; pribadiy angm emiliki sifat sederhan4ju jru,
obyektifj,e rnih
c. Bersediam enerirnak apanpund and alamk eadaana papunI menriliki sifatj iwa pengabdian,
sabar
d. Tidak diskriminatif; tidakm emoeda-bedakamne, misah-misahkatnid, akp anCangb ulu,
me.milih-milihd alarnm endidik( exlwive)j adi harusI nclusive
e. Parrdarin cnyimpanra hasia;s eorangp endidikh arusm ampum enyim.parna hasiam, emiliki
persaudanaapne, dulik ebersamaatnid, akm en$atuhkatnid, ak mempermalukaonr angl ain
7. Jelaskanre l
Jawab:
a' Kesederhanaan;. dalamp em.ampiland i depank elas pe,ndidikm enampilkank epiawaiannya
. 9* .engajru terkesans ed,:rhana,bersahqbilu kan pinanrpilannya
b' Kedekatan ;.kecintaan-danp erhatians ert; rasak ekilrrargaanA iiortiira&an oleh seorang
pendidik terhadap anak didiknya
c' Suasanas ilaturrahinr.; rasak asih sa)"lngd an l:epeduliank epadaa nak didik serga men-iaga
kondisi srulsanap embelajara$a ntarag rrru dengens iswa maupu antar siswa
d. lr{ernberikpaenl ayanamna laima; lm emberikkaenm uda}rdaann k elancaraang,a sr iswa
, rerdorongu nrukb elajars recaraak tif, segalak esulitany angd ialarrrsi is*a dipahamio leh
pendidiku ntukm cmudahkarnn ernberikapne layanan
8. Jelaskarprg nampilatne rbaik,surule Ug1E!
Jawab :
a. Posisi dan baha-shar buh ; gamtrarans ikapd an perasssna kanr nrncul &lam posisi dsn bahl<an
tubutry angd itampilkans aatg urus edangm engajar
b. Gayab icarad ane kspreswi ajah; suaras aatb icarad ane kspresyi angd itampilksns eorang
guu akanr nemiliki pesanC ank esank egembiraank,e bahagiaana,t aus ebaiknyak emarahan.
dan kegundahan
c. Briut dolarnb icara,s alltund alamb ertindakta nduk,b aik dalanrb ersikapb, ijak dalamb icara
dirvujudkand alamp e,nsrasaabtra hasqk emampuabne rkomr.rnikadsai nb erbiCarma enjauhi
sikapk asarb i:rbicarak, era.str ertindalir,n aum enangs endiri,m elupakane tika
9. i elaskanp 1sltasjk gi-elerbaikg gru bese dgJtgtre-unglUnyIe
.lawab:
Beke;jay ang berorientaspi adah. asilr raksimala taub ekerjay angd apatm enghasilkalne bih dari
reta-ratay angd ilakukanp adau rnuuul)'at.l nsur yangh arusd imiliki adalahb eranim elaicukan
kegiatnnp ositif Ciluruk e,bia:;arrna ta-ratm, engembaugliadnir i diluark cgiatanp ositif diluar
kebiasaarna La-ratara, jinn rembaco,lmm enelityi angt erkaitd engan.htgasnya.
10.J elaskan& gu:_lembelaiare"nS [uc.leDCtc nteredd" an" TeacheCr enteredt"
Jawab : '
StudentC entered; upayal lcnrbelajaraynu ngd iarahkanp adau payam uid kelakm andiri
mengembangkalne bih lanjut apay angd ipcrolehk etikam cnerinrap elajaran
le3cher Ceglgtg{; upayap ernbela.iarayna ngp usatk egiatsnnyah anyaa ktifitasg urus ehingga
anahd idik tidak marrrpum engembangkalen. trihla njut
I l. Jelaskru!r9 !$p mengaiary ggqm en4i-dik!
Jawab i
Seorangg uru padaa walnyah arusm uniiliki kemampuamn engajayr angb enars ehinggak ebenaran
ini diharapkanrn ampur nengembzurgkmane njadik emarnprrannr engajayr angt erampild a4
produlaif. Gurut idak hanyam arnpun rerencanakarnn,e laksanakadna nm engevaluastie, tapij uga
harusm ampum engenrbangkalpne rnbelajaran
i2, Jelasltan stf !
Jawab;
grraqan4 pen:,belajaran yang baik digarnbarkan bahua suasana di sekolah, kelas bagaikan "surge"
),ang mernpunyai indicator sepcrti surgey ang menyenangkanm, embahagiakanli ngkungan fisik
dan non fisikyang kondusif serta layanan dan penampilan yang prima. Guru memiliki kekavaan
hati aninya m:miliki longgard an sabard alamm enghadapsi iswa.
13." lelaskank ecerdasan_inel,eictual.kecerdaesranno sid arrk ecerda-oasnp iritual I
Jawab :
KecerdasanI ntelektual ; kecerdasany ang mampu mempelajaris esuatus ehinggap ada akhirnya
rnendapatkank emampuanu ntuk menanganis esruttud engana kat d8n pikiran.
Kecerdasan Erngsiongl ; kerlampuan mengendalikan emosi (hati) ketika slsnghadapi masalah,
sifat yang rnenyenangl.an mauprul yang menyalcitkan sehingga mampu memotivasi dan membina
hubungarr kenbali yang hanninis.
Ke.sgrdasga-S.pjtttua; !k emarnpuanr ncnempatkanp, erilaku sehrrri-harld an hidup seseorangyang
bernrakna disbanding yang lain.
pENELI'fiAht TINDAKAN KELAS (pTI()
e.@tentanggur.udandosen..balrwagrrruadaIairpendidikprofessional
denganh tgasu hlmam endidikr,n engajarrn, embimbinl,..ogrottian,m eta:titmr, eniladi an
menevaluapsei serrdai dik. ( paseIl )
B' &sll) ; gurub erfiugsiu rtuk meningkatkamrra rtabadt anp erang tru sebagaai gen. perrbr elajaraunn tukm eningkatkamnu tup endidikanna .sional.
1' Ha.l Dentined alam PTK aCalaha ction guru dau pihak lain yang d.irencanakand enganb a.ikd an
dapat dilihat lceberhasilannyqii ka progam ini bclum dapit mcmecahkanm asqlahd ilahrkan
penelitian,
2' Peneertian PTK adalahp enelitian bersifat reflektit berangkat,Jarip ermasalahang uru dalam pBM,
k'emudianc iireflel;si alternative pernecahanm asalahnyad ari tindak-lanjut.
3. Tuiuan PTK ;
a. Unh* menalggulangir nanalahd ,alamp BM
b. Llntuk mernberikan podoman bagi guru ( guna mcmperbaiki pBM )
c. Metocle yang oipakai harus te1:atd an terpercaya
d. Masaiah yang diteliti harus bcnar-benru dihadapi factual dan layalc dihadipi
e. PTK iidak boleh.nrenyirnpangd ari prosedr.re tito dilinglcuogankerja
f' P'fK berorientasi pado perbaikan pendidikan dengan m"tat<t}ro po.rUrtt- yang dituangkan
dalam tindakan
g. PTK merupdcan proses kerja yang sistematis
h. PTK menuntut gLrnr membuat junal pribadi
i PTK sebaiknyad imulai dari hal y,angs ederhanan, amun lryata.
j. PTK guru perlu melihat dan nrenilai diri sendiri secarakritis
4. PrinsioP TI( ( SutrarsinAi rikunto)
a. Kegiatann yatad alams ituasri urin
b. Kesadaradni ri unnrkm empr:rbaikkii neda
c. Pererrcana"an
d, Upaya empiris dan sisren:.atis
e. Prinsip SNL\RT
5, Ob:ek-PTK ( Suharsir.Ai rikunto )
a., Unsur Siswa
b. IJnsur gum
c. IJnsrrrm aterip ela.jaran
d. Unsurp eralatana taus aranp endidikan
6, Tahaoan dalam PJK
1. Pengantar
PTK a.dalahs erangkaianl angkah 1,angm embentuks piral yaitu : Planing, acting, pengamatan,
refleksi.
2. PenetoFanf ocus rnasalahp enelitian
a, Merasaka.'ra danyam asalah
b. identivikasi masalah p,IK
c. Alalisis masalah
d. Perumusan Masalah
3. Perencanaantindakarr
a. Formulasi solusi dalarn benhrk hipotesis tindakan
b. Analisis kelaikan hipotesis tindakan
c, Persiapanti ndalcan
4. Pertengahan tindakan da' observasi intemrestasi
a. Pelaksanaantindakan
b, Observasi dan intemrestasi
c. Diskusi balikan
5. Analisis dan refleksi
^. .A.nalisisd ata
b. Refleksi
6' Perencanaamtin dak larj't penyusunanp roposalp enelitian
1. Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
e. Unsur hasil pembelajaran
f. Lrnsr.uli ngkung,an
g. Unsur pengelolaan
B,P enmusuM asalah
C, Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
Tinjauan Pustalca
A. Kajian Teori
B. il.erangkaB erpikir
C. PcrumusanH ipotesisT inciakan
Meto,CeP emnelitian
,A,. Setti::g Penelitian
B. Suby'ePk enelitian
C. Datad anS umb,:Dr ata
D. TeknikP engumpulaDna ta
E. VaUditssD ata
F. l'eknik Analisis Data
tl. Iudikator ifinerja
H. ProseduPr enclitian
Daftar Pustaka
MATEzuM ODEI,P EMBI]LAJARSNK OOPE.ITATIF
J. ' Kooperatif Lerunine merupakan pendekatan pembelajaran yang memtokuskan pada ...
2,
3.
4,
2. lnterakstia tapm ukad alamk elonopopka dati app embelajarasann gapt entingu nrukm enumbuhkan
srtasan. a..
a. Kondusif
,W Dlalog artar siswa
3. Berikuti ni adalahe lernenpernbelajarkrouor peratikfe cuali. ,.
a, Ketergantuangan c. Akuntabilitasin dividu
b, Interaktif tatap rnuka fr Real world leanring
4, MetodeS trukMal dalanrp embelajarukr ooperatidf irancaugu rtuk mempenganrhpio la"pola. ..
a. I'erilaku siswa c,. Inrclelnral siswa
6 Interaksi siswa d. Efektif siswa
5. Penilaian kelompok belajar yang didasarkana tasr ata-ratap enguasaans ernuaa nggotak elompok
a. Diskusi kelas
(# neUiar dalam ktdompok
secarain dividu. .,
a. Interpersonal
b, Individu result
a. Interpersonarle lations hip
b. Me.mbentuke lompokp akar
9, Berikut ini keuntunganp embelajean
c. Penerapafnie luip
d. Real world learning
c. Tenang
d. Aktif
d*wabilitas individu
d. Homete am
5. Kelebihank elompokb elajark ooperatidf isbandintgr adisiona,l, .
d. 'fidak adas isway angm endominaskie lompol ataum enggantungkadnir i padak elompok
b. Tugasd ike{akans alahs eoranga nggotak elompok
c. Kelompokb elajarb iasanyatr omogeny
d. I{ubungan antar pribadi bersifat sernu
7. Pembcntukakne lompokb elajard alamp.e nrbelajarakno operatihf arusb ersifat. ..
fr Hitercgen c. tetap
b. Homogeny d.
8, Metodeg roupi nvestigatiomn enultuts iswa
Cvroupr osesp erfomence
Memiliki kelompok sernula
a, Meningkatlur kepekaand ank esetiakawanan\oci
b. Mernudahlcasnis wam elakukanp enyes'qi41s o\al
c,:-,/ Menghilangkans ifat menrentingkasne ndiria tau\eois
14, Mengenbangkann ilai-nilai sociald ank omitnen
10.Y angd imaksr,rdde nganE xpetG roupp adan retodeJi gsal
a,
Vr(
d.
Kehra dari setiap kelompok
Kelompokp akard ari perwakilans etiapk elompok
Kelompoki ndependeyna ngm eqiadip enengah
kelo mpoky rugr bersifatp.r o terhadap e.rmasalahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar