Sabtu, 26 Januari 2013

GLOBALISASI


GLOBALISASI
globalisasi mengandung maksud sesuatu atau proses yang mendunia.
Kemajuan Transportasi dan Alat Komunikasi
1.Kemajuan Alat Transportasi
Alat transportasi yang sudah maju disebut alat transportasi modern, seperti pesawat, kereta api, mobil, dan kendaraan bermotor. Dengan menggunakan alat transportasi modern maka perjalanan kita akan menjadi mudah dan cepat.
Bagaimana dengan alat transportasi yang dulu? Pada zaman dulu, kita hanya mempunyai alat transportasi tradisional. Bila ingin pergi kenegera atau pulau lain kita hanya menggunakan kapal atau perahu.Dengan alat transportasi ini kita membutuhkan waktu yang lama,bisa mencapai berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Apabila ingin bepergian yang jaraknya tidakterlalu jauh, biasanya menggunakan tenaga hewan seperti kuda atau berjalan kaki. 
2.Kemajuan Alat Komunikasi
Komunikasi artinya hubungan seseorang dengan orang lain. Pada zamandulu, alat komunikasi masih terbatas. Apabila ingin mengirim kabar kepada saudara yang ada di luar kota, kita hanya bisa lewat surat lalu dikirimkan lewat pos. Surat bisa sampai tujuannya membutuhkan waktu berhari-hari. Tapi, sekarang perkembangan alatkomunikasi sangat cepat. Salah satunya adalah adanya Hand Phone (HP).Dengan menggunakan HP kita bisa mengirim kabar lewat SMS atau pesansingkat. Tidak membutuhkan waktu yang lama, SMS tersebut akan sampai dalam waktu beberapa detik saja. Dengan menggunakan HP kita juga lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Itu adalah salah satu contoh kemajuan dalam bidang komunikasi.Kemajuan alat komunikasi yang lain adalah adanya satelit. Dengan adanya satelit kita bisa melihat acara-acara televisi dari negara lain secara langsung.
Selain itu masih ada contoh lain yaitu internet. Apakah kalian sudahmengenal internet? Internet merupakan jaringan komputer diseluruh dunia.Internet memberikan kesempatan kepada kita untuk mengunjungi dunia dan mencari informasi yang ingin kita ketahui. Kita bisa mengetahui berita-berita yang terjadi di Amerika, Jepang, dan negara-negara lain. Internet menyediakan berbagai fasilitas seperti chatting dan email yang mempermudah manusia untuk berkomunikasi.Chatting adalah fasilitas internet yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang yang berada di tempat lain. Akan tetapi, kita tidak bisa mendengar suara lawan bicara.Kita hanya bisa berkomunikasi melalui kalimat yang diketik di komputer. Dan akhir-akhir ini kita juga bisa berkomunikasi langsung dengan orang di Negara lain atau daerah lain dengan internet.
Kalau dahulu kita bisa mengirim surat harus menggunakan perangko.Sekarang kita bisa lewat email. Email merupakan surat elektronik yang bisa kita gunakan melalui internet. Email memungkinkan orang untuk bisa berkirim surat dengan siapa saja dan di mana daja dalam waktu singkat. Apakah kalian sudah mempunyai email ? kalau belum belajarlah dengan teman,atau orang tuamu agar kamu bisa.
Sekolah kita juga sudah mempunyai Email : sdnegerisembilanjambi@yahoo.com. Blog juga punya : sdnegerisembilan.wordpress.com
Pak Suratno juga punya . Email : bunga.azalia04@gmail.com . Blog juga ada : bunga1304.blogspot.com

Pengaruh Globalisasi
Gejala globalisasi sudah menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan manusia.Hal ini terlihat pada penggunaan computer pribadi. Globalisasi juga melanda gaya hidup manusia pada umumnya. Hal ini
di tandai dengan kesamaan gaya hidup yang tercermin dalam budaya makan dan berpakaian.
Sebagai contoh, masyarakat Indonesia menggemari burger dari Amerika, ayam goreng kentucky, dan pizza dari Italia. Kita bisa mendapatkannya melalui restoran-restoran yang sudah banyak di kota-kota besar.
Ada dua pengaruh yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif.
1.Pengaruh Positif
a.Meningkatkan Kesejahteraan
b.Meningkatkan Pengetahuan
2.Pengaruh Negatif
a.Kita menjadi Pemalas
b.Tenaga Manusia Banyak Diganti dengan Mesin

Budaya Indonesia yang Pernah Tampil diTingkat Internasional
Kebudayaan adalah hasil kegiatan akal budi dan pikiran manusia. Apa bentuk-bentuk kebudayaan yang ada di Indonesia? Contoh bentuk budaya adalah lagu, tari-tarian, seni lukis,seni peran, dan lain-lain.
Kebudayaan daerah-daerah yang ada di Indonesia adalah sebuah kekayaan yang harus kita banggakan. Bagaimana cara kita membanggakan bangsa Indonesia?
Kita harus mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada negara lain. Itu adalah salah satu sikap membanggakan kebudayaan Indonesia.Caranya adalah apabila ada acara tingkat internasional, kita menampilkan tarian khas Indonesia, atau budaya-budaya lain seperti pergelaran wayang.
Selain dengan pergelaran wayang, Indonesia juga memiliki tarian daerahyang dapat ditampilkan di tingkat internasional. Pada tanggal 19 Maret 2008,Indonesia mengikuti Moskow International Travel and Tourism (MITT) di Moskow. Dalam acara tersebut Indonesia menampilkanTari Legong dari Bali untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. MITT merupakan bentuk kerja sama pemerintah Indonesia dengan pemerintah Rusia dalam bidang pariwisata. Selain dengan tari dan pertunjukan wayang, Indonesia juga menampilkan busana tradisional di tingkat internasional. Pada tanggal 15 Februari 2008 di Hotel Four Season,Damaskus, Suriah, Indonesia menampilkan busana tradisional dalam acara Fashion Show Damaskus. Penampilan peragaan busana tradisional tersebut, mendapatkan apresiasi yang hangat.Partisipasi Indonesia dalam acara ini merupakan kesempatan baik untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada dunia Internasional.
Gita Gutawa mengharumkan nama Indonesia lewata cara Internasional Nile Song Festifal (INSF). Acara tersebut diadakan di Kairo, Mesir, pada tanggal 29 Januarisampai 3 Februari 2008. Dalam acara tersebut Gita berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi. Gita Gutawa dapat mengikuti acara tersebut setelah diseleksi bersama penyanyi-penyanyi yang berasal dari 18 negara. Diantaranya adalah Australia, Kanada, Portugis, Filipina,Tiongkok, dan Polandia. Atas kemenangan tersebut Gita mendapatkan hadiah dan piagam yang diserahkan oleh ibu negara Mesir.

Sikap terhadap Pengaruh Globalisasi
1.Memanfaatkan Teknologi dengan Benar
Globalisasi membuat teknologi semakin maju. Kita harus bisa memanfaatkan dengan baik.
a.Menggunakan Internet untuk Mengerjakan Tugas Sekolah
b.Melihat Televisi untuk Mengetahui Berita-Berita dari Daerah-Daerah Lain
2.Menghindari Pengaruh Negatif Globalisasi
Kita telah mengetahui pengaruh-pengaruh negatif globalisasi.Sebaiknya, kita menghindari pengaruh negatif tersebut. Apabila melihat televisi jangan sampai larut malam. Melihat televisi sampai larut malam dapat mengganggu belajar kita di sekolah.
3.Tidak Terpengaruh oleh Gaya Hidup Mewah
Adanya globalisasi gaya hidup seseorang mengalami perubahan. Gaya hidup sekarang, terutama di kota-kota besar sudah modern.
Contohnya :
a.suka mengkonsumsi makananluar negeri,
b.membeli sepatu buatan luarnegeri, dan
c.membangun rumah yang dibuatseperti bangunan Eropa.

Contoh gaya hidup di atasadalah gaya hidup mewah. Sebaiknya kita menghindari gaya hidup yang seperti itu. Kita harus bangga semua yang ada di Indonesia.
Hal yang penting dalam menyikapi pengaruh globalisasi adalah dengan mengendalikan diri. Kita jangan sampai mengikuti pengaruh negative globalisasi. Cara mengendalikan diri kita adalah dengan memegang teguh norma, adat, dan tradisi bangsa Indonesia.

Latihan Soal
1.       Untuk menangkap siaran televisi dari luar negeri menggunakan....
2.       Gaya hidup sekarang, terutama di kota-kota besar adalah............
3.       Telepon dan televisi adalah contoh alat..............................modern.
4.       Pengaruh negatif globalisasi harus kita.........................................
5.       Hasil kegiatan akal budi dan pikiran manusia disebut...................
6.       Hal yang penting dalam menyikapi globalisasi adalah...................
7.       Contoh gaya hidup mewah adalah.................................................
8.       Kapal laut merupakan sarana transportasi....................................
9.       Tayangan televisi yang positif akan menambah.............................
10.   Kesamaan gaya hidup manusia pada umumnya tercermin dalambudaya.........................................................
11.   Ada salah satu teman kalian yang membawa HP ke sekolah, padahalperbuatan itu di larang. Bagaimana sikap kalian?
12.   Ani tinggal di Provinsi Aceh. Dia senang belajar Tari Saman. Diajuga mau belajar tari-tarian dari daerah lain. Berikan pendapat kaliantentang sifat Ani!
13.   Sandi ingin seperti orang-orang luar negeri. Kemudian dia mengubahwarna rambutnya menjadi cokelat. Bagaimana pendapat kalianmengenai sikap Sandi?
14.   Gaya hidup masyarakat kita sudah berubah, misalnya dalamberpakaian. Sebutkan contohnya!
15.   Sikap apa yang sudah kalian lakukan untuk menunjukkan banggaterhadap budaya Indonesia?
16.   Daerah provinsi terbagi atas beberapa daerah.............................
17.   Perangkat desa terdiri atas...........................................................
18.   Anggota DPRD, DPR, dan DPD dipilih melalui.............................
19.   Rumah sakit dibangun oleh pemerintah untuk melayani masyarakatdi bidang.......................................................................................
20.   Ketua MPR kita sekarang adalah..................................................
21.   Anggota DPD dipilih dari setiap...................................................
22.   Contoh alat transportasi zaman dahulu adalah..............................
23.   Sayur-sayuran termasuk tanaman................................................
24.   Kekayaan alam harus dijaga dengan baik agar tidak...................
25.   Penanaman nilai-nilai Sumpah Pemuda dilakukan sejak....
26.   Pak Bono adalah seorang kepala desa. Dalam memutuskan masalah desa, Pak Bono tidak mau mendengar pendapat warganya. Menurut kalian, bagaimana sifat Pak Bono? Sifat-sifat apa yang seharusnya dimiliki oleh seorang kepala desa?
27.   Di televisi, kita sering melihat para pemuda yang unjuk rasa. Menurutkalian, mengapa mereka melakukan unjuk rasa?
28.   Desi anak orang kaya. Barang-barang yang dia pakai, misalnya tas,sepatu, dan mainannya berasal dari luar negeri. Desi tidak mau memakai produk Indonesia. Bagaimana pendapat kalian tentang sifatDesi?
29.   Hal-hal apa yang sudah kalian lakukan untuk mencintai tanah air Indonesia?
30.   Ada dua pengaruh globalisasi, yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif. Apa yang kalian lakukan untuk menghindari pengaruh negative globalisasi?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar