Senin, 28 Januari 2013

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI


PERKEMBANGAN  TEKNOLOGI
A.      Perkembangan Teknologi Produksi
Teknologi adalah kemampuan berlandaskan ilmupengetahuan. Adapun produksi adalah kegiatan menghasilkan barang. Jadi, teknologiproduksi adalah kegiatan menghasilkan barang berlandaskan pengetahuan.
Teknologi produksi masa lalu bersifat sederhana. Hasilnya pun sangatterbatas. Teknologi produksi masa kini bersifat modern.
Teknologi produksi dalam pemanfaatannyamenggunakan alat. Adanya teknologi produksi kebutuhan hidup dapat terpenuhi. Kebutuhanhidup itu, seperti pangan, sandang, dan sebagainya
1.       Teknologi Pangan
Teknologi produksi pangan membantupemenuhan kebutuhan pangan. Kebutuhan panganberkaitan dengan pertanian. Kegiatan pertanianpada masa lalu masih tradisional.
Contohnyamerontokkan gabah dengan cara tradisional.Caranya gabah diinjak-injak menggunakan kaki.Setelah cara tersebut ditemukan cara lain, yaitugabah ditumbuk dengan lesung. Selain itu,merontokkan padi dengan dipukul-pukul.
setelah teknologi produksi ditemukan.Cara produksi tradisional mulai ditinggalkan. Beralihmenggunakan tenaga mesin. Adanya teknologi mesinmemperingan pekerjaan. Selain itu, penggunaanmesin dalam pertanian menguntungkan. Keuntunganitu berupa menghemat waktu dan hasil melimpah.
2.       Teknologi Produksi Sandang
Pakaian merupakan kebutuhan sandang.Kebutuhan sandang pada masa lalu dan masa kini berbeda. Pada masa lalu kebutuhansandang bersifat sederhana. Pengolahannya pun bersifat sederhana, yaitu dibuat sendiri.Caranya dengan menenun. Menggunakan alat tenun yang terbuat dari kayu. Pada cara inihasil yang diperoleh sedikit.Kebutuhan sandang pada masa kini lebih modern. Ini karena banyak menggunakanalat-alat berteknologi modern. Pada masa kini kebutuhan sandang tidak dilakukan sendiri.Akan tetapi, dikerjakan oleh pabrik. Kita langsung dapat membelinya.
B.      Perkembangan Teknologi Komunikasi
Komunikasi adalah penerimaan pesan, baik langsung atautidak langsung. Komunikasi langsung berupa menanyakan langsung tanpa alat. Contohnya,Rian bertanya tentang letak rumah sakit. Komunikasi tidak langsung menggunakan alat.Alat komunikasi mengalami perkembangan. Contohnya Anton menghubungi Ani melaluitelepon. Alat komunikasi memudahkan manusia dalam berhubungan. Alat komunikasimempercepat penyampaian pesan. Alat komunikasi dapat berupa elektronik dan mediacetak. Teknologi komunikasi dapat mengatasi jarak dan waktu. Jarak yang jauh terasa dekat.Waktu yang dibutuhkan cepat.
1.       Surat
Surat termasuk alat komunikasi tidak langsung.Perkembangan tentang surat-menyurat sangat pesat. Pada masa lalu orang menulis surat diatas kertas. Lalu surat itu dimasukkan amplop dan diberi alamat yang dituju. Setelah itudilengkapi perangko. Selanjutnya, menggunakan jasa pos untuk mengirim surat tersebut.Pada masa kini mengirim surat dapat dengan cepat. Caranyadengan email. Email adalah surat menyurat yang dikirim melaluiinternet. Email penerima dan pengirim harus dapat menggunakaninternet.
Sekolah kita juga punya Email . Email sekolah kita : sdnegerisembilanjambi@yahoo.com
Bapak juga punya , Email bapak : bunga.azalia04@gmail.com
Sekolah kita juga punya blog :
Bapak juga punya : bunga1304.blogspot.com
Selain itu, dengan SMS (Short Message Service) melalui teleponselular. Bahkan juga ada pengiriman pesan dengan cara faksimile.Pada faksimile menggunakan mesin faks.
2.       Telegram
Telegram sering disebut surat kawat. Alat pengirim telegram disebut telegraf. Telegrafadalah pesawat untuk mengirim berita. Telegram mempergunakan kekuatan listrik.Pesawat telegraf diciptakan oleh Samuel F.B. Morse tahun 1840. Orang berkebangsaanAmerika. Pengiriman berita dengan telegraf termasuk mahal. Ini karena perhitungannya tiaphuruf.
3.       Telepon
Telepon merupakan alat yang seringdigunakan. Adanya telepon, komunikasi menjadi sangat mudah dan cepat.Pesawat telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell tahun 1876. Alexanderberkebangsaan Amerika Serikat. Jenis telepon ada dua, yaitu telepon kabel dan telepon selular. Adanya telepon selularmemudahkan dalam berkomunikasi. Baik dengan suara langsung atau dengan pesan tertulis(SMS).
4.       Radio
Radio ditemukan oleh C. Marconi tahun 1901.Apa yang sering kalian dengar dari radio. Radio dapat memberikaninformasi dan hiburan. Informasi dapat berupa berita. Adapun hiburanberupa musik.Siaran radio dipancarkan oleh pemerintah dan swasta.Pemancar radio milik pemerintah adalah RRI (Radio RepublikIndonesia). Pemancar radio milik swasta jumlahnya banyak sekali.
5.       Televisi
Televisi berkembang sangatmaju. Televisi ditemukan oleh John Logie Baird tahun 1925. Beliauberkebangsaan Inggris.Jaringan penyiaran televisi Indonesia semakin beragam.Siaran televisi dilakukan oleh pemerintah dan swasta. Stasiun TVmilik pemerintah adalah TVRI. Stasiun TV swasta, antara lainRajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), Surya Citra Televisi(SCTV), dan Televisi Pendidikan Indonesia (TPI). Apa saja televisi lokal Jambi ?
6.       Media Cetak
Selain media elektronik ada pula media cetak. Seperti, koran, majalah, tabloid, danbuku. Koran tertua lahir di Cina tahun 400 Masehi. Nama Koran itu adalah “Cin Tie KwanPo”. Koran berbahasa Indonesia pertama lahir di Semarang (Jawa Tengah) tahun 1860.Namanya “Slompret Melayu”. Contoh surat kabar seperti Kompas, Republika, dansebagainya. Apa saja surat kabar yang terbit di provinsi Jambi ?
C.      Teknologi Transportasi
Transportasiadalah sarana perhubungan. Sarana ini mempermudah untuk sampai ke tempat tujuan. Baikmengangkut orang maupun barang.Perkembangan sarana transportasi mengalami kemajuan.
Berdasarkan jenisnya ada transportasi darat, laut, dan udara.
1.       Transportasi Darat
Sarana angkutan melalui jalan darat disebut transportasi darat. Angkutan darat dibedakanmenjadi dua jenis, yaitu bermesin dan tidak bermesin. Angkutan tidak bermesin bersifattradisional. Berlangsung sejak dahulu. Misalnya, sepeda, becak, delman, gerobak, dansebagainya. Transportasi yang tidak menggunakan mesin umumnya menggunakan hewan.Hewan-hewan itu biasanya hewan besar, seperti kuda, sapi, unta dan sebagainya.
Angkutan darat yang menggunakan mesin bersifat modern. Harganya lebih mahal. Dayaangkut lebih cepat. Contohnya, sepeda motor, mobil, bus, kereta api, dan sebagainya.Kereta api merupakan angkutan darat. Kereta dapat mengangkut penumpang dan barangdalam jumlah besar. Kereta api pertama dibuat di Inggris oleh Stephenson tahun 1825.Perusahaan kereta api di Indonesia didirikan tahun 1878. Industri kereta api Indonesia (INKA)di Madiun (Jawa Timur). Kereta api mengalami kemajuan teknologi. Jenis kereta api adadua, yaitu kereta api listrik dan kereta api batu bara.
2.       Transportasi Laut
Transportasi lautada yang bermesin dan tidak bermesin. Contoh tidakbermesin, seperti perahu dayung, kapal layar, dansebagainya. Adapun yang bermesin adalah kapal laut.Kapal laut ada yang berukuran besar dan kecil. Kapalyang besar dapat mengangkut bus, truk, dan sebagainya.
Perakitan kapal di dalam negeri, yaitu PT PAL diSurabaya (Jawa Timur). Adapun PT Pelni merupakanperusahaan pemerintah yang mengelola transportasi laut.
3.       Transportasi Udara
Angkutan udara lebih mahal dibandingkan angkutan lainnya. Waktu tempuh angkutanudara lebih cepat. Angkutan udara di Indonesia ditangani oleh Departemen Perhubungan RI.Penerbangan yang diusahakan pemerintah, yaitu Garuda Indonesia. Adapunpenerbangan swasta adalah Mandala, Batavia, Lion, dan sebagainya. Industri pesawatterbang Indonesia terdapat di Bandung (Jawa Barat).Selain pesawat alat transportasi udara lainnya adalah helikopter. Helikopter dayaangkutnya lebih kecil. Helikopter dapat menjangkau daerah terpencil yang sulit ditempuhjalan darat. Oleh karena itu, adanya angkutan udara dapat mempermudah komunikasi dalamkehidupan manusia.
D.      Pengalaman Penggunaan Alat Transportasi
Ceritakan pengalamanmu belajar naik sepeda.
Rangkuman
1.       Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mempermudah kehidupanmanusia.
2.       Perkembangan teknologi produksi makin pesat. Contohnya mesin produksi dariyang sederhana sampai modern.
3.       Informasi dapat dikirim secara langsung atau tidak langsung.
4.       Jenis alat komunikasi beraneka macam. Ada yang tradisional dan modern. Alatkomunikasi itu berupa surat, telegram, telepon, radio, televisi, dan media cetak(koran, majalah, tabloid, buku).
5.       Melalui televisi dapat memperoleh hiburan. Selain itu, dapat menambahpengetahuan dan pengalaman. Hal terpenting mendapat informasi tentangperkembangan dunia.
6.       Sarana transportasi meliputi transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi daratseperti  sepeda, motor, mobil, kereta api, dan sebagainya. Transportasi lautcontohnya kapal laut. Tranportasi udara contohnya pesawat terbang dan helikopter.
Latihan
1.       Industri pesawat terbang nusantara terdapat di kota .... 
2.       Pesawat radio pertama kali ditemukan oleh .... 
3.       Surat kabar merupakan sarana komunikasi media .... 
4.       PT Telkom memberikan pelayanan di bidang .... 
5.       Benda pos yang ditempel pada sampul surat disebut .... 
6.       Andong merupakan sarana transportasi dengan menggunakan tenaga ....
7.       Industri perakitan mobil yang terkenal di Indonesia adalah .... 
8.       Alat komunikasi tidak langsung dapat berupa .... 
9.       Televisi ditemukan oleh ....1
10.   Nama koran tertua di dunia adalah ....
11.   Sebutkan tiga jenis angkutan, jika dilihat dari tempatnya.
12.   Berikan contoh tiga angkutan darat.
13.   Jelaskan manfaat alat komunikasi bagi manusia.
14.   Sebutkan lima stasiun TV yang dikelola oleh swasta.
15.   Sebutkan tiga nama surat kabar yang kamu ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar